July 22, 2024

KOMPASHARIAN.COM

Inspiratif Terdepan dan Lugas

PT. BISI Cabang Lampung Ajak Petani Sukseskan Swasembada Pangan di Purbolinggo

Kompasharian.com | Lampung Timur –  Purbolinggo Agus Nuryadi menghadiri kegiatan sosialisasi produk baru dari PT BISI Cabang Lampung, bertempat di lahan persawahan milik Lapit, di Dusun 2 Desa Taman Bogo, Kec. Purbolinggo, Kamis (4/7/2024).

Tampak hadir, Kades Taman Bogo Agus Nuryadi, perwakilan PT BISI Cabang Lampung Andri Kurniawan, Agronomis PT. BISI Imam Sobirin beserta Staf, Ketua Gapoktan Yudi, kelompok tani desa Taman Bogo beserta anggota.

Kades Taman Bogo Agus Nuryadi dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim BISI Cabang Lampung beserta rombongan di lokasi sosialisasi.

“Mohon maaf jika sambutan yang diberikan penuh dengan keterbatasan semoga tidak akan mengurangi makna dari kegiatan ini”, kata Kades.

Lebih lanjut Agus berharap, melalui kegiatan sosialisasi produk baru dari PT BISI Cabang Lampung akan meningkatkan hasil produksi jagung di Kecamatan Purbolinggo khususnya Desa Taman Bogo.

“Selaku Kades saya sangat mendukung dengan adanya sosialisasi dari pihak PT. BISI dengan harapan kegiatan yang dilaksanakan dapat meningkatkan hasil produksi sehingga akan meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Taman Bogo”, tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sertu Tarmuji menuturkan pihaknya selaku Babinsa mengapresiasi dengan kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh PT BISI Cabang Lampung di wilayah binaannya.

“Berbagai langkah dilakukan oleh Pemerintah dalam rangka pemulihan Ekonomi Paska Covid-19 salah satunya melalui sektor pertanian. PT BISI yang merupakan produsen benih hibrida terbesar di Indonesia mampu menghadirkan bibit yang ke depannya dapat meningkatkan hasil produksi para petani seperti yang dilaksanakan pada hari ini di Desa Taman Bogo”, tutur Babinsa.

Masih dikatakan Babinsa, TNI melalui Kodim jajaran juga saat ini gencar dalam rangka mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional.

“Seperti yang dilaksanakan Oleh Kodim 0429/Lamtim saat ini dan sedang berlangsung yakni Program Oplah (Optimalisasi Lahan) serta Pompanisasi yang diharapkan memberi dampak positif dalam memenuhi target produksi untuk kebutuhan pangan daerah maupun nasional”, imbuhnya.

Sementara perwakilan PT BISI Cabang Lampung Andri Kurniawan menyampaikan jenis benih saat ini yang akan di sosialisasikan merupakan hasil riset/penelitian yang dilakukan pada tahun 2023, setelah dilakukan beberapa kali percobaan barulah pada 2024 akan dilaunching.

“Seperti yang kita lihat di lahan ini merupakan contoh benih BISI 235 merupakan varian baru yang akan launching. Hasil riset juga disesuaikan dengan kondisi alam/cuaca saat ini yang terdampak El Nino dan La Nina sehingga akan tetap tumbuh kembang serta menghasilkan produksi yang baik”, paparnya. (Yusuf,N)