July 22, 2024

KOMPASHARIAN.COM

Inspiratif Terdepan dan Lugas

Sinergi Bersama TNI-Polri, Bupati Dawam Menandatangani NPHD Jelang Pilkada 2024

Kompasharian.com | Lampung Timur –  Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menggelar acara Penandatanganan NPHD Pengamanan Pilkada Kabupaten Lampung Timur tahun 2024 antara Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dengan  Polres Lampung Timur dan Kodim 0429 Lampung Timur. Berlangsung di Aula Utama Sekda Kabupaten Lamtim, NPHD tersebut ditandatangani langsung Bupati Dawam Raharjo, Pada Senin (1/7/2024).

Pada Tanggal 27 November 2024 mendatang, kita akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, kami mengapresiasi kepada penyelenggara pemilu, yang telah melaksanakan tahapan pemilu Kepala Daerah di Kabupaten Lampung Timur” pernyataan itu dikutip dari website resmi kominfo .yang disampaikan Bupati Dawam.

Lanjut di katakan,”Pemilu dalam konteks kebangsaan Indonesia adalah pilihan paling sesuai, paling relevan dan paling efektif di tengah keberagaman kebangsaan Indonesia.

“Saya berharap proses pemilu berjalan damai, bersih dan bermartabat, karena sejatinya cita-cita pemilu adalah tetap menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa” Sambung orang nomor satu bumei tuwah bepadan, Bupati Dawam.

Pemerintah selaku fasilitator, yang didukung oleh Kepolisian dan TNI yang bertugas mengamankan jalannya Pilkada.

“Tentunya kita semua menginginkan, penyelenggaraan pilkada berlangsung secara aman  dan damai”

Peran dan fungsi TNI-POLRI dalam menjaga keamanan dan ketertiban saat pelaksanaan pilkada nanti, tentunya sangat diperlukan.

“Oleh itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur akan mendukung sepenuhnya, seluruh program serta terobosan dari TNI dan POLRI, untuk terwujudnya pranata kehidupan sosial masyarakat yang senantiasa kondusif” Paparnya.

Untuk diketahui bersama, sebagaimana amanat Undang-undang Pemilu Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, terdapat kewajiban Pemerintah Daerah dalam mengalokasikan anggaran yang cukup, untuk kegiatan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah.

Hal tersebut menjadi dasar acuan bagi kita, dalam melakukan penandatangan NPHD, sebagaimana telah dialokasikan dalam APBD Kuansing Tahun Anggaran 2024. Hibah dari Pemerintah Daerah kepada TNI dan POLRI (Dalam hal ini kepada Kodim  0429 Lampung Timur dan Polres Lampung Timur), untuk Kegiatan Pengamanan Pilkada Kabupaten Lampung Timur tahun 2024.” Pungkas Bupati Dawam

Untuk diketahui Acara tersebut dihadiri Bupati Dawam yang didampingi Sekdakab Lamtim, jajaran Kapolres Lamtim, Dandim 0429 Lamtim serta Forkopimda. (ADV)