July 22, 2024

KOMPASHARIAN.COM

Inspiratif Terdepan dan Lugas

Babinsa Koramil 07/Pekalongan Berikan Materi Kepemimpinan Pada Kegiatan SuperCamp 2024

Kompasharian.com | Lampung Timur —  Ratusan siswa/siswi SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro peserta SuperCamp 2024 terima pembekalan materi kepemimpinan, bertempat di Lapangan Merdeka Desa Wonosari, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur, Kamis (13/6).

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) merupakan suatu pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau skil siswa dalam memimpin. Salah satu tujuan latihan kepemimpinan siswa yaitu untuk membangun karakter pribadi (personality) supaya semakin kuat.

Dihadapan para Siswa, Babinsa Koramil 429-07/Pekalongan Kodim 0429/Lamtim Serda Boimin menyampaikan sebelum jadi pemimpin bagi orang lain harus bisa memimpin diri sendiri.

“Pemimpin yang baik memiliki pengaruh positif bagi orang-orang yang dipimpinnya. Dengan mendorong sikap dan tindakan berdasarkan nilai-nilai moral yang sama, pemimpin akan menjadi teladan sehingga menciptakan lingkungan kerja yang beretika”, ujarnya.

Lebih lanjut Babinsa mengatakan, kepemimpinan pemuda adalah faktor penting dalam menciptakan dan merawat masyarakat yang kuat dan berkelanjutan.

“Dalam era digital yang terus berkembang, penting bagi kita untuk memahami peranan dan pentingnya kepemimpinan pemuda dalam mendorong berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial, politik, dan ekonomi untuk masa depan yang cerah”, sambungnya.

Tak lupa pada kesempatan tersebut Babinsa berpesan kepada para peserta SuperCamp 2024 untuk tidak melakukan hal yang merusak citra pribadi, keluarga maupun sekolah.

“Jangan sampai terjerumus dalam kenakalan remaja seperti penyalahgunaan obat-obatan terlarang, seks bebas, balapan liar, dan perbuatan melanggar norma aturan lainnya karena harapan dan masa depan adik-adik sekalian masih panjang”, pesan nya.

Sementara Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Alex Kurniawan berharap seluruh siswa mampu mengimplementasikan hasil yang didapat dari LDK tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

“Berbagai materi yang diajarkan semoga bisa diserap dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari para siswa baik di lingkungan pendidikan maupun bermasyarakat sehingga melahirkan pemimpin dari generasi muda yang memiliki inisiatif-inisiatif di dalam membangun bangsa”, tuturnya.

Selain pembekalan LDK, Wawasan kebangsaan juga dilaksanakan pembekalan materi PBB ( Peraturan Berbaris ). (Yusuf N)