June 25, 2024

KOMPASHARIAN.COM

Inspiratif Terdepan dan Lugas

PLT UPTD SDN 1 Negri katon : Prihatin Gedung Sarana Prasarana Belajar Mengajar Rusak Parah dan Butuh Perhatian Pemerintah

Kompasharian.com | Lampung Timur – Salah satu ruang kelas SDN 1 Negeri Katon mengalami kerusakan yang sangat parah dan butuh perhatian dari Pemerintah Daerah.

PLT Kepala UPTD SD N 1 Negeri Katon, Sutarman saat ditemui, dirinya keluhkan bangunan ruang belajar yang sejauh ini butuh perhatian dari Pemerintah setempat, jum’at (7/06/2024).

“Salah satu ruang belajar dari 270 Siswa -Siswi ruang belajar yang terpakai hanya 8 dari 9 totalitas ruangan”.

Terlihat jelas plavon, meja kursi serta sarana prasana  lainnya rusak parah bahkan bisa membahayakan kenyamanan proses belajar mengajar di sekolah, karena itu kami butuh perhatian dari pemerintah daerah” semoga kedepan pembangunan satuan pendidikan sekolah dasar kami bisa dipreoritaskan, tegasnya.

Menurutnya Pagu anggaran dana BOS pun tidak mencukupi untuk memperbaiki, sementara lebih lanjut persoalan kegunaan dana BOS untuk sarana prasarana sekolah tersebut enggan menjawab.

Diketahui bahwa peraturan perundangan – undangan yang dituangkan dalam Permendikbudristek Republik Indonesia nomor 2 tahun 2022 tentang petunjuk teknis pengelolaan dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) dan bantuan oprasional penyelenggaraan pendidikan kesetaraan. Komponen penggunaan dana BOS reguler sebagaimana dimaksud dalam pasal 25 ayat 2 hurup H yaitu pemeliharaan sarana prasarana sekolah.

Sambung salah seorang guru, Rehabilitasi sebelumnya pernah diajukan pada tahun 2016 lalu, namun bolak balik mengajukan ke dinas terkait  hingga saat ini perbaikan tak kunjung terealisasi tambah Pak Marto pada awak media. (Yusup N)