July 22, 2024

KOMPASHARIAN.COM

Inspiratif Terdepan dan Lugas

Program Kemenkominfo Gencarkan Literasi Digital, Pemkab Lampung Timur Menggelar Kegiatan Literasi Digital dan Festival Music Lampung Timur 2024

Kompasharian.com | Lampung Timur – Kementerian Komunikasi dan Informatika terus menggencarkan Gerakan Nasional Literasi Digital untuk menjangkau 50 juta masyarakat pada tahun 2024.

Program tersebut salah satu wujud perhatian pemerintah untuk mendorong kemampuan publik dalam menguasai dan menggunakan teknologi digital.

Kali ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Diskominfo Lamtim, Komunitas Pemuda, Karang Taruna dan Pelaku UMKM Desa Sidorejo, Kecamatan, Sekampung Udik, Lampung Timur menggelar Kegiatan Literasi Digital dan Festival Music Lampung Timur 2024, di Lapangan Sidorejo, Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Minggu 26 Mei 2024

Turut di meriahkan Kangen Band, Zoe Levana, ZIZAN Band, Raihan, Della.

Acara yang di awali dengan Penampilan Peserta Lomba music, yang di bagi menjadi dua grup penyanyi solo dan Band di lanjutkan dengan Talk Show Literasi digital Yang mana Bupati Lamtim M Dawan Rahardjo menjadi Narasumber, Dody Kangen Band, Anistia Riski Conten creator, Dr. Mohammad Sa’id Hasibuan Dekan Fakultas Ilmu komputer Darmajaya.

Acara yang Mengusung tema “Pendampingan Menggunakan Internet untuk Generasi Muda”,

Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo, melalui literasi digital bertujuan untuk mendorong bertumbuhnya kreatifitas diri maupun kreatifitas komunitas. Termasuk juga inovasi-inovasi yang muncul dari komunitas.

“Itu semua didorong sedemikian rupa sampai ke tahap lanjutannya. Jadi misalnya kalau sudah terbentuk satu komunitas UMKM yang dimulai oleh komunitas anak muda, maka keberlanjutan dari UMKM itu juga akan mendapat pendampingan dari berbagai program lainnya dari pemerintah,” ujarnya.

Dawam Rahardjo mengatakan, sikap santun dan saling menghormati di ruang digital, perlu mendapat perhatian dari para orang tua saat melakukan pendampingan menggunakan internet untuk generasi muda.

“Terlebih, masyarakat kini sangat mengandalkan internet, utamanya media sosial, sebagai sumber memperoleh informasi,” ujar Dawam Rahardjo.

“Internet saat ini mengalahkan televisi, berita online, situs resmi pemerintah, media cetak, dan radio sebagai sumber dan akses informasi terkini,” imbuhnya.

Anistia Riski Content creator, membagikan tip dan trik dalam ber medsos agar dapat memperoleh tambahan penghasilan.

“beliau adalah seorang guru yang mana dalam mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuat  video video kegiatannya dalam mengajar  dan memposting di medsosnya. Intinya konsisten dan buat video simpel dan menarik.

Dody Kangen band, platform digital tidak hanya diperuntukkan bagi komunitas, tetapi juga penting untuk dikembangkan sedemikian rupa dan memberikan manfaat kepada kepentingan daerah di mana kelompok komunitas itu tinggal.

“Jadi hal-hal seperti itu tersedia, tinggal kita bagaimana mengaksesnya dan akses untuk hal-hal seperti itu juga terbuka karena tersedia di berbagai platform media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, Tik tok dan sebagainya,” tandasnya (ADV)