April 24, 2024

KOMPASHARIAN.COM

Inspiratif Terdepan dan Lugas

Pemkab Lampung Utara Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

KompasHarian.com | Lampung Utara – Bupati dan Wakil Bupati Pemerintah Lampung Utara diwakili oleh para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan kunjungan ke lokasi dua peristiwa kebakaran yang terjadi.

Kedua peristiwa kebakaran tersebut Selasa 19 Maret 2024 malam di Desa Bumi Agung Marga, Kecamatan Abung Timur dan Rabu 20 Maret 2024 di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja.

Akibatnya menimbulkan kerugian material yang cukup besar, salah satunya melebar ke sebuah rumah milik warga yang mengidap penyakit epilepsi dan mengakibatkan satu korban jiwa seorang perempuan paruh baya ACH yang berusia 60 tahun.

Atas Peristiwa musibah ini Pemerintah kabupaten Lampung Utara Bupati Hi. Budi Utomo dan Wakil Bupati Hi. Ardian Saputra, SH. melalui Kepala Dinas Sosial Gadriianto Abung yang Didampingi Kepala Dinas Kominfo. Gunaido Hutama, S. SIP. MH. Memberikan Tali asih bantuan Kepada Korban Bencana Kebakaran di Tanjung Raja. Sementara Kepala Dinas Pendidikan Hi.Sukatno bersama stafnya memberikan bantuan kebakaran di Abung Timur.

Kadinsos Lampura , Gadriyanto Abung menyatakan atas kejadian itu, pemerintah daerah telah berupaya maksimal dalam memberikan pertolongan.

Mulai dari evakuasi, membantu pemadaman sampai memberikan bantuan. “Seperti yang kami lakukan hari ini, jangan diliat dari besarnya tapi ketulusannya,” kata dia.

Menurutnya, pemerintah daerah terus berupaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan respons cepat. Khususnya dalam upaya mengatasi kejadian di tengah masyarakat yang dapat merugikan, seperti kebakaran.

“Pemda mendorong untuk jajarannya untuk segera mengambil tindakan nyata. Khususnya dalam memperkuat posko-posko penyelamatan yang ada di Kabupaten Lampung Utara,” kata dia.

Dia meminta agar masyarakat dapat lebih berhati – hari terhadap pemicu kebakaran. Dia meminta warga meningkatkan kewaspadaan, sehingga dapat mencegah hal-hal yang mengancam keselamatan jiwa dan benda.

Selanjutnya Kadis Kominfo Gunaido Hutama S. SIP. MH, menghimbau Upaya pencegahan terhadap terulangnya peristiwa kebakaran masih terus dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat sekitar.

Pemerintah Kabupaten Lampung Utara telah memberikan himbauan terkait bahaya kebakaran dan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika menemukan tanda-tanda kebakaran yang terjadi di sekitar lingkungan warga.

Dalam situasi genting seperti ini, peran serta masyarakat penting dalam membantu pihak pemadam kebakaran dan melindungi satu sama lain dari bahaya kebakaran. Pungkasnya.

Sementara terpisah Dengan harapan dapat bantu meringankan beban keluarga dan anak, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Utara, berikan bantuan kepada dua orang Siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mengalami musibah kebakaran rumah di Kecamatan Abung Timur beberapa hari lalu.

“Alhamdulillah kami hadir langsung di tengah-tengah mereka untuk memberikan sedikit bantuan yang diharapkan dapat membantu mereka. Korban kebakaran rumah ini memiliki dua orang anak yang masih mengenyam bangku SD dan SMP.

Untuk itu kami harus hadir di tengah-tengah mereka secara langsung untuk memberikan motivasi,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Lampura H. Sukatno didampingi Kabid SD Opy Riansyah dan Kabid SMP Yudhi Bachtiar, Kamis 21 Maret 2024.

Masih jelas Kadis, bantuan yang diberikan merupakan bersumber dari Keluarga Besar Dinas Pendidikan, K3S dan MKKS Abung Timur yakni berupa Sembako, seragam sekolah dan peralatannya serta uang tunai yang diberikan kepada Ahli Musibah yakni Bapak Sadki.

“Sabar dan tabah karena itu merupakan ujian di bulan suci ramadhan. Untuk anak-ank agar tetap belajar dengan giat dan tekun insyaallah ke depannya menjadi lebih baik lagi dan jangan pernah meninggalkan sekolah,” pesannya.

Sementara ini mereka tinggal di tempat kerabat terdekatnya. Kondisi di lapangan rumah ahli musibah itu rata dengan tanah dan Seluruh Harta benda, pakaian serta surat-surat berharga tak tersisa.

Salah satu tokok Masyarakat yang enggan disebutkan namanya mewakili anak didik, orang Tua, dan keluarga besar SMPN 1 Abung Timur menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada Kadisdik H. Sukatno atas bantuan yang telah diberikan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian sosial, guna turut meringankan Penderitaan korban.

“Terimakasih bapak kami ucapkan atas bantuan yang diberikan. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi ahli musibah,” tutupnya.(*Ilham*)