April 12, 2024

KOMPASHARIAN.COM

Inspiratif Terdepan dan Lugas

QOMARU MELEPAS 96 ANGGOTA KONTINGEN RAIMUNA DAERAH KE IV

Wakil Wali Kota Metro secara resmi melepas keberangkatan Kontingen Raimuna Daerah ke IV Tahun 2023 di Bandar Lampung yang dilaksanakan di Halaman Rumah Dinas Wakil Wali Kota Metro, Senin (30/10/2023).Pelepasan Kontingen Raimuna Daerah ke IV Tahun 2023, beranggotakan 96 orang ke Bandar Lampung ditandai dengan penyerahan Bendera Pramuka oleh Wakil Wali Kota Metro kepada Pimpinan Kontingen Raimuna Daerah.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Metro Qomaru Zaman menilai keberangkatan Kontingen Pramuka Kwartir Cabang Kota Metro memiliki peran yang sangat strategis sebagai generasi muda dalam upaya memupuk rasa persahabatan, persaudaraan, dan perdamaian yang menjadikan simpul pengikat rasa persatuan dan kesatuan.

Selain itu, menurut Qomaru kegiatan ini akan menumbuhkan rasa pengabdian yang sangat tinggi dan luhur baik sebagai anggota pramuka maupun sebagai bangsa Indonesia yang memiliki keragaman aspek yang meliputi suku, agama, adat istiadat, dan budaya.“Kegiatan ini juga akan menjadi pengalaman untuk kalian beradaptasi dengan masalah-masalah apa saja yang ada dan bisa menjadi pembekalan untuk masa depan kalian nanti,”ujarnya.

Menurutnya, melalui kegiatan pramuka anak-anak akan mendapatkan edukasi yang luar biasa yaitu dapat menanamkan kesantunan, kedisiplinan, dan ketegasan.“Oleh karena itu, jaga selalu kekompakan dan rasa kebersamaan baik sesama Kontingen dari Kota Metro, maupun dengan Kontingen lainnya dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Semoga dapat mengikuti seluruh kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga tujuan dan sasaran pelaksanaan kegiatan ini dapat dicapai dengan baik dan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi seluruh peserta sebagaimana yang kita harapkan bersama, ” ungkapnya.

Selain itu, Qomaru meminta para peserta untuk tetap menjaga kesehatan dan pola makan, agar kondisi tubuh tetap prima dalam mengikuti setiap kegiatan yang dilaksanakan.“Kepada pembina serta pendamping agar saya juga meminta untuk dapat senantiasa mengawasi dan membina serta mengarahkan peserta kontingen untuk menjaga kedisiplinan dan mematuhi segala peraturan yang ada dengan sebaik-baiknya, sehingga pelaksanaan kegiatan raimuna daerah nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar,” pintanya.

Harapannya, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran dan peningkatan pengetahuan serta kemampuan peserta kontingen dalam kepramukaan, sehingga dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang berprestasi dan membanggakan bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Qomaru juga menekankan bahwa pendidikan pramuka perlu ditanamkan kepada anak-anak, dimulai dari tingkat dasar.Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, Suwandi, menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari edukasi bagi anak-anak , khususnya pada jenjang SMK, SMA dan Mahasiswa.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro yang mempunyai kewenangan terhadap ekstrakulikuler mulai dari PAUD sampai SMP, juga mewajibkan adanya kegiatan pramuka di seluruh satuan pendidikan yang ada di Kota Metro yang di sesuai dengan kurikulum merdeka.“Kegiatan ini juga kita sesuaikan dengan kurikulum merdeka dalam rangka pembentukan karakter anak, profil pelajar pancasila, dan semua kegiatan edukatif serta inovatif dan kreatif dalam rangka membentuk karakter anak yang lebih baik lagi,” bebernya. (Adv)