April 12, 2024

KOMPASHARIAN.COM

Inspiratif Terdepan dan Lugas

KPU Kota Metro Jadi Tuan Rumah Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024

Kompasharian.com | Kota Metro – Bawaslu Provinsi Lampung menghadiri Serah Terima Bendera Kirab Pemilu Tahun 2024 dan Deklarasi Pemilu Damai yang di laksanakan di Wisma Haji Al Khairiayah Kota Metro, Senin (21/08/2023).

KPU Kota Metro yang menjadi tuan rumah Deklarasi Pemilu Damai sebagai sarana integrasi bangsa sekaligus pelaksanaan Kirab Pemilu 2024. pelaksanaan kirab tersebut akan keliling ke 5 Kecamatan se-Bumi Sai Wawai.

Kirab Pemilu di Provinsi Lampung terdapat 2 jalur pelaksanaan, yaitu jalur I dengan titik peluncuran Provinsi Aceh ke Jakarta dan jalur II dengan titik peluncuran Provinsi Kepulauan Riau ke Jakarta. Pada jalur I estafet kirab diadakan selama 35 hari, sedangkan pada jalur II estafet kirab diadakan selama 49 hari.

Dalam Kesempatan itu, Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Iskardo Pimpin Deklarasi Pemilu Damai yang diinisiasi oleh Polda Lampung yang diikuti Pimpinan Partai Politik Peserta Pemilu 2024 tingkat Provinsi Lampung, bersama dengan KPU Kabupaten/Kota, Forkopimda, Ormas, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat.

“Deklarasi pemilu damai ini merupakan wujud komitmen bersama sebagai penyelenggara pemilu, peserta pemilu, dan pemangku kepentingan pemilu dalam rangka mewujudkan pemilu yang dama.,” ujarnya.

Iskardo berharap kegiatan Kirab Pemilu 2024 menjadi langkah kolaboratif dalam mewujudkan Pemilu yang berintegritas dan bertanggungjawab terhadap proses dan hasil, hal ini juga tentunya membutuhkan sinergi seluruh bangsa. (red)