April 24, 2024

KOMPASHARIAN.COM

Inspiratif Terdepan dan Lugas

KARENA KENDALA TEKNIS RATUSAN JEMAAH HAJI KOTA METRO TERLMABAT MENDAPATKAN KIRIMAN MAKANAN

Kompasharian.com |Mekah – Jamaah Metro yang dikabarkan belum mendapatkan makanan dari pagi hingga siang, pada hari ini Rabu 28 Juni 2023, alhamdulilah pada pukul 17.22 WAS sudah mendapatkan kiriman Nasi Kotak dan Buah dari Pihak Maktab.

Menurut pihak Arab Saudi keterlambatan ini terjadi karena kendala teknis dan banyaknya jumlah jamaah yang harus dilayani. Petugas kloter juga sudah melaporkan permasalahan ini kepada pihak petugas haji Sektor Mina dan Kanwil Kemenag Lampung untuk ditindaklanjuti dan diperbaiki ke depannya.

Dari data yang dihimpun, kendala teknis pengiriman konsumsi ini terjadi hampir seluruh kloter embarkasi JKG yang tersebar dalam beberapa maktab, termasuk jamaah Kota Metro yang tergabung dalam Kloter 36 JKG berada di Maktab (pemondokan) 47 bersama kloter 31-38.

Hal tersebut juga sudah dilaporkan oleh petugas kloter 36 kepada pihak Maktab (Mashariq) Arab Saudi selaku penyelenggara dan penanggung jawab dan akomodasi jamaah haji, agar mendapatkan pelayanan dan penanganan yang serius.

Zaki Mubaroq, jamaah asal Kota Metro mengatakan, bahwa selama menunggu konsumsi datang para jamaah haji mengkonsumsi pembekalan yg dibawa seperti mie instan, kue dan kurma.

“Jamaah Haji tetap bersabar dan khusyuk beribadah melakukan lempar jumroh di jamarat, berdoa, dan membaca Al Quran. Namun tidak dipungkiri kejadian ini sedikit mengganggu konsentrasi jamaah, sehingga diharapkan menjadi perhatian pihak yang berwenang dan pemberian konsumsi oleh Maktab bisa kembali normal setiap pagi siang dan malam hari seperti sebelumnya,” katanya.

Seluruh jamaah sejak kemaren telah menyelesaikan beberapa rangkaian kegiatan puncak haji dimulai dari wukuf di Padang Arafah, kemudian pada malam hari melakukan mabid di Mina dan menjelang subuh jamaah bergerak menuju Mina untuk melempar jumroh. Jamaah Haji akan berada di Mina selama 3 hari untuk yang melakukan nafar awal dan 4 hari yang melakukan nafar tsani.

Kondisi alam dan cuaca yang panas serta rangkaian ibadah haji yg panjang membutuhkan kekuatan fisik dan mental, membuat beberapa jamaah haji ada yang sakit, tetapi semua masih bisa tertangani dengan baik oleh tim kesehatan.

“Keluarga jamaah haji di tanah air diharapkan tetap tenang dan tak perlu cemas terhadap kondisi jamaah haji di Mina, kami mengharapkan doa agar dapat menyelesaikan seluruh rukun haji sehingga menjadi haji yang mabrur,” tutup Zaki Mubaroq, yang juga PHD Kota Metro.

Terpisah, Kementerian Agama Provinsi Lampung Memberikan Siaran Pers sebagai Berikut…

Bandar Lampung, 27 Juni 2023 – Sebagai tanggapan atas berita mengenai kondisi jamaah haji asal Metro, kami, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, ingin memberikan klarifikasi dan penjelasan.

Memang ada keterlambatan konsumsi untuk semua jamaah di sektor 54 Mina. Namun, kami telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan sekarang semua jamaah telah menerima konsumsi mereka. Kami memastikan bahwa tidak ada jamaah kami yang kelaparan dan semua kebutuhan makanan mereka terpenuhi.
Mengenai pemondokan, memang ada kekurangan kasur untuk beberapa jamaah. Namun, kami telah melakukan penyesuaian dan sekarang semua jamaah telah mendapatkan kasur dan kenyamanan yang mereka butuhkan.
Kami juga senang melaporkan bahwa sebagian besar jamaah kami telah berhasil melempar jumroh yang pertama. Ini adalah bagian penting dari ibadah haji dan kami sangat bangga dengan pencapaian jamaah kami.
Berdasarkan informasi dari Ketua Kloter JKG-36, Bapak Setyo Pramono, kami telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan kenyamanan dan kepuasan jamaah haji kami. Kami memahami bahwa ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh jamaah kami, namun kami telah melakukan berbagai penyesuaian untuk memastikan bahwa semua jamaah kami mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Kami berterima kasih atas pengertian dan kesabaran jamaah kami selama proses ini. Kami terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji kami dan kami berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan di masa mendatang.

Demikian siaran pers ini kami sampaikan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung.(Rendy)