April 12, 2024

KOMPASHARIAN.COM

Inspiratif Terdepan dan Lugas

Diduga Gelapkan Pupuk Petani, Kios Pupuk Cecep Kuswara Akan Dilaporkan Ke Aparat Penegak Hukum

Kompasharian.com | Way Kanan – Pengalokasian Pupuk kios Cecep Kuswara Kecamatan Hulu sungai diduga fiktif, demikian diutarakan kepada Media saat di temui, Senin 26 Juni 2023.

Dikatakan Chandra dari hasil investigasi
tim nya kelapangan serta hasil wawancara dengan sejumlah Kelompok Tani.

Yang mana alokasi kelompok Tani tersebut masuk dalam SPJB wilayah kerja Kios Cecep Kuswara sebagai pengecer resmi Kecamatan Hulu Sungkai Lampung Utara .

Salah satu hasil dari investigasi wawancara,  dikelompok Usaha Tani Desa Lubuk Rukam,  di dalam catatan laporan yang dilaporkan Kios Cecep Kuswara perbulan februari yang lalu sekitar 17 Kelompok yang melakukan penebusan Pupuk Bersubsidi dengan rincian Pupuk NPK Ponska 130 kilogram setiap petani, Urea 100 Kilo gram perpetani.

Namun dari konfirmasi kami masing-masing dari angota Kelompok tersebut mereka mengakui tidak pernah sedikitpun. melakukan penebusan pada bulan tersebut sampai bulan ini.

Begitu juga dengan beberapa Kelompok
Tani lain nya, yang telah melakukan pengisian Berita Acara Pernyataan.
Kelompok Tani Desa Gedung Makrifat
yang bernama Miskun di dalam catatan data ia dengan kelompok tani nya

Telah tercatat melakukan penebusan Pupuk sebanyak 850 kilo gram NPK Ponska. Setiap masing-masing anggota kelompok, tapi kenyataan mereka tidak pernah nebus sebanyak itu.

Kami gak pernah nebus Pupuk pak apalagi sebanyak itu, paling paling saya sendiri itu pun hanya satu kwintal, kata nya mengulangi pernyataan Ketua Kelompok Tani tersebut.

Oleh karena itu kami, kata Chandra Alamsyah beserta Tim nya akan melaporkan kepihak yang berwenang, dengan dugaan Data fiktif dan penyimpangan Pupuk Bersubsidi oleh Kios Cecep Kuswara.

Ia juga menambahkan bukan hanya penyimpangan data fiktip Kios ini menjual Pupuk Bersubsidi diluar kelompok dengan harga jauh melebihi harga het yang telah titentukan oleh Mentri Pertanian. ” Ujar nya.

( Tim )