April 12, 2024

KOMPASHARIAN.COM

Inspiratif Terdepan dan Lugas

14 JUNI MENDATANG, JAMAAH HAJI ASAL LAMPUNG AKAN BERTOLAK DARI MADINAH KE MEKKAH

Kompasharian.com |Metro — Sebanyak 388 jamaah asal Provinsi Lampung , dengan rincian 314 jamaah Kota Metro, 71 jamaah Bandar Lampung dan 1 jamaah Tanggamus dan 2 Pemandu Haji Daerah (PHD) pada kelompok terbang (kloter) 36 JKG selamat mendarat di Bandara AMAA Madinah, pukul 22.04 Waktu Arab Saudi (WAS) pada Seni, 05/06/2023.

Bersarkan keterangan salah satu PHD asal Kota Metro, Zaki Mubaroq yang juga menjabat selaku Kepala Bagian Organisasi di Pemerintah Kota Metro menjelaskan bahwa, saat ini sebanyak 18 jamaah memakai kursi roda. Hal ini dikarenakan saat keberangkatan para jamaah telah membawa persiapan kursi roda dari Indonesia.

“Usai sampainya di Madinah para jamaah haji, telah melaksanakan sholat berjamaah 5 waktu di Masjid Nabawi dan melakukan ziarah ke Masjid Quba, Jabal Uhud, serta berkunjunga ke kebun kurma pada hari Kamis, 8 Juni 2023,” kata Zaki.

Agenda selanjutnya, pada Minggu 10 Juni 2023 para jamaah melakukan ziarah ke Makam Rasulullah, Abu Bakar Ash Shiddiq dan Umar bin Khattab, untuk memberikan salam. Kemudian para jamaah melanjutkan salam ke Raudhah untuk sholat dan berdoa.

“Rencananya pada Tanggal 14 Juni 2023, seluruh jamaah haji asal Lampung akan bergerak ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah umroh,” ujarnya.

Mengingat sudah 6 hari berada di Madinah dengan suhu cukup panas berkisar 43 derajat celcius, Zaki Mubaroq juga menjelaskan bahwa terdapat beberapa jamaah yang sakit dan sempat di rawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Hal ini membuat Kondisi beberapa jamaah mulai mengalami gangguan kesehatan seperti batuk kering, demam dan dehidrasi.

“Untuk konsidi saat ini sudah sehat dan telah kembali ke hotel. Semua permasalahan termasuk kesehatan masih bisa tertangani oleh tim kesehatan kloter dan PHD,” jelasnya.

Sementara itu juga, Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) kloter 5, dr. Aulia Olivia telah memberikan himbau dan edukasi kepada jamaah haji, untuk menjaga kesehatan, tidak memaksakan diri melakukan aktivitas fisik, dan selalu nengkonsumsi makanan minuman vitamin serta istirahat yang cukup. (Rls/Team).