April 24, 2024

KOMPASHARIAN.COM

Inspiratif Terdepan dan Lugas

Emilia : Taufik Basari dan M.Nasir Salah Satu Inspirasi Saya dalam Berpolitik

Kompasharian.com | Pesawaran – Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasdem Kabupaten Pesawaran Emilia Dwi Maharani mengatakan tidak banyak politisi muda asal lampung bersekala nasional, Taufik basari salah satu nya.

Menurut nya Taufik Basari, S.H., S.Hum., LL.M. adalah politikus, advokat, aktivis hak asasi manusia, pendiri Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat, mantan aktivis Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, dan akademisi Indonesia. Pada kepengurusan partai NasDem, Taufik Basari menjabat sebagai Ketua DPP Bidang Hukum dan HAM.

Selain itu, kini Taufik Basari juga menjadi anggota DPR RI Komisi III periode 2019-2024.Ia melenggang ke Senayan setelah memenangkan Dapil Lampung 1 pada Pemilu 2019 lalu. Adapun daerah pemilihan (Dapil) Lampung I, meliputi Bandar Lampung, Pesawaran, Pringsewu, Lampung Selatan, Lampung Barat, Metro, Tanggamus, dan Pesisir Barat.

Yang saya baca dari Wikipedia, Kakak Tobas sapaan akrab Taufik Basari itu Lulus dari Northwestern University, Chicago, tahun 2005 ia mengantungi gelar LL.M dalam International Human Rights Law. Gelar ini diperolehnya melalui program beasiswa Fulbright.

Selagi di Amerika Serikat, Tobas sempat menjadi konsultan untuk International Center for Transitional Justice di New York. Ia juga pernah menjalani pendidikan International Law Program di University of California, Davis (UC-Davis) dan University of California, Berkeley (UC-Berkeley) serta mengikuti fulbright enrichment program di Arizona State University. Sempat juga menjalani internship pada Asian Human Rights Commission di Hong Kong, kemudian diminta menjadi researcher dan Indonesia Representative oleh lembaga tersebut di Jakarta.

Banyaknya prestasi nya kakak Tobas membuat saya terinsiprasi untuk mengikuti dan belajar dari beliau.

Kunjungan kakak Tobas kali ini ke DPD Partai Nasdem Kabupaten Pesawaran disambut hangat oleh para kader. Jumat 26 Mei 2023.

Lanjut Emilia Dwi Maharani yang akan maju sebagai Calon Anggota DPRD Kabupaten Pesawaran Priode 2024-2029 dapil VI ini Mengatkan, Satu lagi inspirasi dan sekaligus mentor politik saya kakak M. NASIR.S.I.Kom, MM dan ketua saya di partai Nasdem, kakak Nasir Putra asli daerah Pesawaran ini lahir di Talang Baru, 19 Maret 1973. M Nasir lulus dari pendidikan menengahnya di SMAN 1 Natar tahun 1992, Kemudian melanjutkan pendidikan sarjananya di Universitas Muhammadiyah Lampung sejak tahun 1998 sampai 2002.

Kiprahnya menjadi Ketua Partai DPD NasDem Kabupaten Pesawaran terhitung sejak 2021.

Kakak M Nasir pernah Menjabat Ketua DPRD kabupaten Pesawaran 3 Priode dan memutuskan mundur dari jabatan ketua DPRD untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Pesawaran, jatuh bangun nya M. Nasir sebagai Politisi membuat saya semakin mengetahui Kalau Perjuangan itu tidak ada kata akhir, 2 kali jatuh bangkit nya harus berkali-kali lipat. 2 tokoh diatas insya allah akan selalu menjadi inspirasi dan mentor saya dalam berpolitik.