April 12, 2024

KOMPASHARIAN.COM

Inspiratif Terdepan dan Lugas

Qomaru Memastikan Pelayanan Publik Disdukcapil Kota Metro Berjalan Normal Usai Lebaran 

Kompasharian.com | Kota Metro – Wakil Walikota Metro memastikan pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Metro berjalan normal usai Lebaran.

Dalam kunjungannya, Qomaru Zaman berharap Disdukcapil Kota Metro dapat dijadikan contoh bagi OPD lain yang juga melayani masyarakat, agar dapat memberikan fasilitas pelayanan yang baik dan nyaman mulai dari lahan parkir, proses pelayanan yang nyaman, cepat dan mudah untuk masyarakatnya.

“Kalau semua kantor begini masyarakat akan nyaman, Disdukcapil menjadi contoh yang akan diteruskan bu Ika (kepala Disdukcapil Kota Metro), “ungkapnya.

Momentum tersebut juga dimanfaatkan oleh Wakil Walikota Metro, untuk mendengarkan pendapat masyarakat terkait tingkat kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan oleh disdukcapil Kota Metro.

Qomaru Zaman mengaku bangga dengan pergerakan cepat yang diberikan Disdukcapil dengan sistem pelayanan yang ada dengan sistem pelayanan yang diberikan seperti Anjungan Dukcapil Mandiri yang berfungsi untuk mempermudah masyarakat dalam mencetak dokumen secara mandiri seperti KK dan KIA. Melalui notifikasi email yang terhubung dengan sistem informasi yang di butuhkan dengan mengunakan barcode untuk di scan mengunakan anjungan dukcapil mandiri serta Aplikasi Lado (Lacak Dokumen) yang bisa memantau berkas masyarakat yang datang ke Disdukcapil Kota Metro melalui layar monitor yang terpasang pada ruang tunggu pelayanan sehingga dapat menghindari dari KKN, kolusi dan gratifikasi.

“Gak usah ragu masuk ke Dukcapil Kota Metro karena akan dilayani dengan hebat, Kota Metro bergerak cepat melayani masyarakat terkait dengan dokumen kependudukan, “terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Metro Ika Pusparini, memastikan pelayanan publik kembali normal usai libur lebaran Hari Raya Idulfitri 1444H dan tidak mengalami kendala apapun baik sistem maupun jaringan internet merupakan hal utama yang dibutuhkan saat melakukan pendataan.

Salah seorang Warga Iringmulyo, Komarudin, mengaku sangat puas dengan pelayanan Disdukcapil Kota Metro yang baik dan cepat kepada masyarakat.

“Pagi ini saya di telpon oleh mba meliza untuk rekam KTP digital, begitu sampai disini ternyata bapak-ibu dibantu karena saya eror dengan android dan alhamdulillah begitu bantu sebentar ini udah selesai dan data keluarga juga sudah masuk dengan anak saya yang bungsu. Saya tidak perlu waktu yang lama ibu pelayanannya sekarang, Disdukcapil Kota Metro mantap,”ujarnya. (red)