April 24, 2024

KOMPASHARIAN.COM

Inspiratif Terdepan dan Lugas

Terkait Keluhan Warga Mengenai Jalan Rusak, Kadis PUTR Kota Metro Lakukan Respon cepat

Kompasharian.com| Metro — Kadis PUTR Kota Metro, Robby Kurniawan Saputra merespons keluhan masyarakat terhadap kondisi ruas Jalan Jenderal Ahmad Yani, tepatnya di dekat Taman Merdeka Kota Metro yang rusak. Respons itu dilakukan melalui tindakan penambalan lubang di lokasi tersebut.

Robby mengatakan penambalan lubang itu dilakukannya dalam rangka menanggapi keluhan masyarakat di Kota Metro, mengingat arus lalu lintas kendaraan di lokasi itu juga terbilang padat, terlebih pada musim mudik Idul Fitri 1444 Hijrah nanti.

“Iya, memang hal itu jadi urgen dan cukup mendesak dikarenakan memang itu letaknya ada di titik di tengah kota, di jantung kota. Kemarin itu juga penambalannya dilakukan hari Minggu, 2 April. Jadi kita dalam rangka merespons keluhan masyarakat. Itu juga untuk persiapan jalur mudik,” kata Robby saat diwawancarai usai mendampingi Wali Kota dalam Safari Ramadan Pemkot Metro di Metro Selatan, Senin, 3/4/2023 malam.

Diketahui, ruas jalan poros itu mengalami kerusakan ringan, terdapat sejumlah lubang dengan ukuran yang tidak begitu besar, namun cukup dalam dan sulit dielakkan karena posisinya berada tepat di persimpangan jalan. Permukaan jalan berpasir, berpotensi membuat kendaraan roda dua menjadi mudah tergelincir. Terlebih saat terjadi hujan atau saat lalu lintas padat, terkadang membuat lubang-lubang tidak begitu nampak, sehingga membuat pengendara terkejut dan potensi kecelakaan cukup tinggi.

Penambalan lubang di lokasi itu disebut Robby anggarannya tidak termasuk dalam pengeluaran rutin Dinas PUTR Kota Metro dan besaran nominalnya pun terbilang cukup rendah.

“Jadi, itu sebenarnya nggak masuk dalam biaya rutin, karena memang itu nilainya kecil sih ya. Ya nggak sampai Rp650 ribu, itu cuman ditambal pakai batu belah dan kemudian diisi semen cor aja,” bebernya.

“Ya kalau sekadar untuk penambalan kecil sih ya masih bisa lah kita upayakan. Pertama, karena memang untuk menunjang kenyamanan masyarakat dan yang ke dua juga karena kebetulan titiknya itu di akses vital, di tengah kota,” lanjutnya.

Sementara itu, mengenai wacana pengentasan infrastruktur jalan rusak di Bumi Sai Wawai, Kadis PUTR Kota Metro itu menyebut sedang dalam tahap persiapan, pun pelaksanaannya akan segera dimulai pada Mei 2023 mendatang.

“Kalau rencana untuk mulai melakukan peningkatan ruas jalan dan perbaikan di sejumlah titik itu, nanti habis lebaran,” pungkasnya.(Rls/Akbar)