April 24, 2024

KOMPASHARIAN.COM

Inspiratif Terdepan dan Lugas

Korban Terakhir Tanah Longsor Sebanyak 10 Orang di Jukuh Batu Akhirnya Ditemukan

Kompasharian.com | Way Kanan – Satu orang korban terkahir akibat tanah longsor di Dusun Cempedak, Kampung Jukuh Batu, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan akhirnya ditemukan oleh Tim Gabungan Polres Way Kanan bersama Tim SAR, Kamis (16/03/2023).

Adapun Korban terakhir yang berhasil ditemukan adalah Anuar (80) warga Dusun Bendungan, Kampung Rantau Temiang Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan.

Korban hilang sejak tanggal 9 Maret 2023 di Dusun 9 Cempedak Kampung Jukuh Batu, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan.

Kapolres Way Kanan AKBP Teddy Rachesna mengucapkan terimakasih atas sinergi dan perhatiannya bapak Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, Dandim 0427 Way Kanan, bersama BPBD, Forkopimcam Banjit, aparat Kakam, Basarnas, tim kesehatan dan semua pihak dalam kinerja yang luar biasa tanpa henti untuk tidak mundur kehilangan harapan dalam pencarian korban.

Tim evakuasi dan masyarakat sekitar Kampung Jukubatu Kecamatan Banjit melalui Kakam M. Khoirin juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada bapak Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus atas perhatiannya kepada keluarga korban dan tim Pencarian melalui pendirian Dapur Umum dan pemberian tali asihnya.

Setelah 8 hari pencarian menuai kendala karena tidak adanya saksi, pada hari Kamis tanggal 16 Maret 2023 sekitar pukul 07.00 WIB pihak keluarga korban berinisiatif mencari korban menyusuri Sungai Lukap Dusun 9 Cempedak Jaya Kampung Jukubatu, Banjit.

Akhirnya setelah berjibaku melakukan proses pencarian dari titik hilangnya korban pada Kamis (16/03) pagi pukul 08.00 tadi, korban terakhir bisa ditemukan tersangkut di batu di tengah sungai Lukap yang berjarak sekitar 1 Km dari TKP longsor dalam keadaan meninggal.

Saat ini Korban telah dibawa kekediaman rumah duka di Dusun Bendungan, Kampung Rantau Temiang, Banjit untuk disemayamkan. Pihak keluarga menerima dan mengikhlaskan, Imbuh Kapolres.

Sebelumnya 4 korban bencana alam tanah longsor yang sudah berhasil ditemukan pertama ialah Ngadiyanto (65) warga Kampung Sumber Sari,Banjit, Way Kanan (Ditemukan pada Jumat tanggal 10 Maret 2023).

Kedua yakni Siran (62) warga Kampung Sumber Sari, Banjit, Way Kanan (Ditemukan oleh Tim pada Minggu, 12 Maret 2023 sekitar pukul 13.30 WIB).

Ketiga yakni ibu Khotimah (31) bersama anaknya M Diki Saputra(4) warga Pekon Tanjung Raya Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat (Ditemukan oleh Tim pada hari Rabu, 15 Maret 2023 sekitar pukul 12.45 WIB)

Selanjutnya 1 korban tenggelam hanyut yakni Cahaya Saputra (21) warga Dusun 6 Kampung Bandar Agung, Banjit, Way Kanan (ditemukan Jumat tanggal 10 Maret 2023).

Terakhir korban Anuar ditemukan hari ini. Jadi total ada 6 korban baik akibat bencana alam tanah longsor maupun tenggelam hanyut telah ditemukan semua,” Ungkap Teddy. (Samidin)