July 22, 2024

KOMPASHARIAN.COM

Inspiratif Terdepan dan Lugas

Wabup Lampura Cek Kondisi Warga Terdampak Banjir

Kompasharian.com | Lampung Utara – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) melakukan pengecekan kesehatan terhadap warga yang terdampak banjir, selain itu Pemkab Lampura juga akan mencari solusi terbaik terkait langkah antispasi dalam menghadapi musim penghujan agar dapat meminimalisir banjir yang berpotensi kembali terjadi.

“Pasca bencana banjir, kita melakukan pengecekan terhadap warga yang terdampak banjir untuk mengetahui secara pasti tentang kesehatan mereka dan lingkungannya. Sebab, dampak pasca banjir ini yang paling berat. Kita juga memberikan bantuan sembako untuk kebutuhan sehari hari baik itu yang masih berada di pengungsian maupun yang sudah kembali ke rumah,” jelas Wakil Bupati Ardian Saputra, Minggu (12/3/2023).

Meski di beberapa lokasi air telah surut sambung Ardian, namun di beberapa titik masih ada warga yang bertahan di tenda pengungsian karena hampir seluruh wilayah di Lampung Utara mengalami banjir yang cukup parah mulai Kecamatan Kotabumi Kota, Kotabumi Selatan, Abung Timur Dan lainnya. Kendati demikian, pemantauan di lapangan tadi, banyak wilayah yang terdampak banjir air nya sudah sudah mulai surut.

“Banjir sudah mulai surut, kebanyakan warga sudah kembali kerumah. Namun Ada juga yang masih di pengungsian karena banjir masih menggenangi rumah terutama yang berada dipinggir bantaran sungai, ” jelasnnya.

Ke Depan, Lanjut dia, Pemkab Lampura melalui Dinas dinas terkait seperti PUPR akan berupaya mencarikan solusi terbaik untuk menanggulangi atau mengurangi kejadian bencana banjir yang terjadi di wilayah Lampung Utara.

“Kita segera mencarikan langkah stategis untuk menanggulangi bencana banjir ini sehingga ke depan di musim penghujan tiba ketika air sungai meluap tidak terlalu parah seperti sekarang ini, ” tuturnya.

Diketahui, Banjir yang melanda hampir seluruh wilayah Lampung Utara (Lampura) sudah mulai surut, namun masih ada di beberapa titik lokasi banjir luapan air masih tinggi sehingga warga masih tetap berada di tenda pengungsian dan juga ada di sejumlah titik lokasi banjir warganya bisa kembali kerumah.

Warga yang masih berada di tenda pengungsian diantara di Desa Banjar Agung, Bumi Agung dan Pungguk Lama Kecamatan Abung Timur dan Desa Sumber Arum Kecamatan Kotabumi Kota. Selain itu akses Jalan menuju Kecamatan Abung Timur masih sulit untuk di lalui karena ketinggian air yang menggenangi badan Jalan mencapai 50 sampai 80 Cm. (red)